Cari Blog Ini

Tips Merawat Lift Barang Agar Tidak Mengalami Kerusakan

Keberadaan dari lift barang / lift cargo sangatlah penting bagi sebuah perusahaan. Apabila satu saja lift barang yang mengalami kerusakan, sudah terhitung berapa banyaknya kerugian yang didapatkan oleh perusahaan tersebut. Walaupun sudah benar-benar mengggunakan lift barang dari produk yang terbaik, tetap saja jika digunakan sembarangan dan tidak didukung dengan perawatan yang baik, lama-kelamaaan lift tersebut akan mengalami penurunan fungsi hingga mengalami kerusakan serius.

Pasti Anda pun tak ingin merugi besar akibat adanya kesalahan teknis? Oleh karena itu, sedari sekarang cobalah untuk merawat lift barang Anda dan menggunakannya dengan baik, yang sesuai dengan anjuran. Pasalnya, kerugian proses produksi yang akan Anda tanggung nantinya belum termasuk harga perbaikan dan lain sebagainya.

Sangat memusingkan, bukan? Jadi, tak ada salahnya kan, apabila dari saat ini sudah harus merawat dan memakai lift barang dengan baik. Dan, di sini akan diberikan beberapa tips mengenai hal tersebut.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah, Anda harus mengetahui berapa kapasitas maksimal lift barang tersebut, untuk sekali angkut.

Semisal, jika lift barang memiliki kapasitas sekitar 500 kg, maka jangan memaksa menggunakannya untuk mengangkat dan membawa beban melebihi kemampuannya, karena hal tersebut akan berpengaruh pada fungsi hingga dapat menurunkan sistem keamananya.

Apabila diharuskan untuk mengangkut barang dalam jumlah yang banyak, pastikan terlebih dahulu berapa bobot dari masing-masing barang tersebut, kemudian jumlahkan apakah bobotnya tidak melebihi kapasitas lift.

Memang, lift barang sudah dilengkapi dengan sensor fitur yang akan memberikan sebuah tanda apabila barang yang hendak diangkut melebihi kapasitas. Akan tetapi, beberapa pihak justru tidak mempedulikannya, sehingga Anda harus turun tangan untuk mengawasi pekerjaan mereka.

Namanya saja cargo lift / lift barang, yang sudah pasti digunakan untuk mengangkat barang, sehingga jangan biarkan lift tersebut beralih fungsi menjadi lift penumpang, karena hal tersebut sangat berbahaya bagi setiap orang yang menaikinya.

Lakukan servis rutin secara berkala, sehingga kinerja dan fungsi lift akan selalu optimal. Selain itu, proses servis lift juga bisa dilakukan untuk mengetahui sejak dini apabila terjadi beberapa permasalah pada lift tersebut,

Istirahatkan lift selama beberapa jam, agar mesin tidak cepat panas dan mengalami kerusakan yang serius.

Siapa saja bisa melakukan dan menerapkan beberapa tips untuk merawat lift barang tersebut, agar kinerja hingga fungsinya akan selalu stabil. Dengan melakukan perawatan secara berkala, hal tersebut akan sangat berguna sekali bagi income perusahaan untuk ke depannya. Sebab, biaya perawatan dan servis lift barang tak akan lebih besar jika dibandingkan dengan kerugian yang Anda dapatkan ketika lift mengalami kerusakan dan permasalahan yang sangat fatal.

Saifudin Hidayat



Pasang Iklan Anda di sini